Oleh: Ferly Isnomo Abdi, S.T., S.Pd., M.T.
Era sekerang
tidak cukup hanya mempunyai satu pekerjaan tetap, melainkan terdapat beberapa
usaha tambahan sebagai penunjang kesejahteraan masyarakat. Semuanya tidak
terlepas dari kebutuhan ekonomi yang semakin naik dan peluang kerja semakin
sedikit. Dulunya pekerjaan sebagai pedagang/penjual dianggap sebagai pekerjaan
rendah, namun sekarang hampir semua rumah mempunyai usaha masing-masing yang
biasa kita kenal sebagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta perlu
diketahui juga bahwasanya UMKM menyumbang 60% perekonomian Indonesia. Ini semua
dilandaskan karena adanya Digital Marketing yang membantu dalam hal pemasaran
produk atau jasa, sehingga dapat menaikkan omset. Perkembangan E-Commerce juga mempengaruhi
dalam kreativitas Digital Marketing.
Cakupan Okupasi
Digital Marketing antara lain mengenai identifikasi elemen pemasaran
perusahaan, penggunaan komputer, media sosial, kemampuan telurur situs web,
bagaimana cara dalam pendekatan kepada calon pelanggan, pembuatan periklanan,
merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan serta pembelian media, kemudian
penyusunan aktivitas penjualan dan yang terakhir adalah perencanaan periklanan.
Oleh karena itu, penggunaan Digital Marketing dapat membantu usaha yang telah
kita Kelola. Jika Anda tertarik ingin mengikuti sertifikasi kompetensi ini
dapat kalian ikuti melalui Lembaga BNSP Republik Indonesia mengenai Sertifikasi
Profesi Teknologi Digital (LSP TD). Informasi lebih lanjut dapat diakses
melalui laman sertifiaksi.lspdigital.id.
Yuk Buruan Kepoin!...