Oleh: Ferly Isnomo Abdi, S.T., S.Pd., M.T.


Era sekerang tidak cukup hanya mempunyai satu pekerjaan tetap, melainkan terdapat beberapa usaha tambahan sebagai penunjang kesejahteraan masyarakat. Semuanya tidak terlepas dari kebutuhan ekonomi yang semakin naik dan peluang kerja semakin sedikit. Dulunya pekerjaan sebagai pedagang/penjual dianggap sebagai pekerjaan rendah, namun sekarang hampir semua rumah mempunyai usaha masing-masing yang biasa kita kenal sebagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta perlu diketahui juga bahwasanya UMKM menyumbang 60% perekonomian Indonesia. Ini semua dilandaskan karena adanya Digital Marketing yang membantu dalam hal pemasaran produk atau jasa, sehingga dapat menaikkan omset.  Perkembangan E-Commerce juga mempengaruhi dalam kreativitas Digital Marketing.

Cakupan Okupasi Digital Marketing antara lain mengenai identifikasi elemen pemasaran perusahaan, penggunaan komputer, media sosial, kemampuan telurur situs web, bagaimana cara dalam pendekatan kepada calon pelanggan, pembuatan periklanan, merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan serta pembelian media, kemudian penyusunan aktivitas penjualan dan yang terakhir adalah perencanaan periklanan. Oleh karena itu, penggunaan Digital Marketing dapat membantu usaha yang telah kita Kelola. Jika Anda tertarik ingin mengikuti sertifikasi kompetensi ini dapat kalian ikuti melalui Lembaga BNSP Republik Indonesia mengenai Sertifikasi Profesi Teknologi Digital (LSP TD). Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman sertifiaksi.lspdigital.id. Yuk Buruan Kepoin!...